WELCOME TO RD-PROJECT WEB BLOG's

Senin, 29 November 2010

Pengaruh Kedatangan Obama Untuk Perekonomian Indonesia & Dampak dari Letusan Gunung Merapi

Pengaruh Kedatangan Obama untuk Perekonomian Indonesia

Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) ke Indonesia pada 20-22 Maret mendatang masih memicu pro dan kontra di masyarakat. Sejumlah pihak masih banyak yang menyatakan ketidaksetujuannya dengan kedatangan Obama ke Indonesia. Tapi banyak pula yang mendukung dan menyatakan kebanggaannya dengan kedatangan Obama ke Indonesia mengingat Indonesia pernah menjadi tempat khusus bagi Obama sewaktu kecil.
Terlepas dari pro dan kontra dari sisi politik dan keamanan mengenai kedatangan Obama ke Indonesia, kita juga perlu meninjau dampaknya secara ekonomi. Secara politik, kedatangan Obama akan memberikan pengaruh yang cepat. Tapi secara ekonomi tidak langsung dirasakan saat itu juga.
Hanya saja, kita patut memikirkan dampak tersebut dari sisi ekonomi. Karena dari sisi ekonomilah yang akan memberikan dampak bagi pergerakan perekonomian nasional. Mengapa dampak dari ekonomi perlu kita hitung? Karena kedatangan Obama ke Indonesia akan menjadi tes case sejauh mana kesiapan negara Indonesia dalam bidang keamanan nasional, kesiapan dalam menerima pengaruh dari luar dan kesiapan bekerja sama dengan AS sebagai salah satu negara adidaya dalam bidang ekonomi.













Dampak positifnya dari segi perekonomian:
o Para investor dari AS dan sekutunya tentu akan memantau Indonesia dalam kerja sama bilateral yang digalang Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jika hasil yang dicapai positif maka peluang untuk mengundang investor ke dalam negeri akan cukup besar.
o Obama datang ke Indonesia IHSG Cetak Rekor itulah berita baik bagi perekonomian Indonesia atas kedatangan Obama di Indonesia. Seperti pemberitaan Media Indonesia mengenai Obama datang ke Indonesia ini menyebutkan bahwa kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup mengkilap bahkan sukses mencetak rekor baru dalam sejarah pasar modal Indonesia.
Pada perdagangan Selasa (9/11), IHSG ditutup naik 38,221 poin (1,03%) ke level 3.737,484. Indeks LQ 45 menguat 7,461 poin (1,09%) ke level 690,261. Pencapaian ini merupakan rekor tertinggi dalam sejarah bursa saham Indonesia. Sebelumnya, level tertinggi dicetak pada 8 November 2010 dimana IHSG ditutup di level 3,699.26.

Dampak negatif:
• Terjadinya kemacetan dan pengalihan arus lalu lintas yang terjadi di jalur-jalur tertentu, khususnya yang dilintasi rombongan Presiden Amerika Serikat. Yang mengakibatkan terhambatnya perputaran ekonomi didaerah tersebut (seperti yang dirasakan oleh pedagang atau angkutan umum)
• Yang pasti penggelontoran dana yang sangat berlebih untuk penyambutan Obama yang sangat jauh berbeda dengan kedatangan dari presiden austria beberapa hari kemudian

Sumber:
http://tlogosari.net/obama-datang-ke-indonesia-ihsg-cetak-rekor/
http://harianjoglosemar.com/berita/manfaat-apa-dari-kedatangan-obama-11006.html


Dampak Letusan Gunung Merapi terhadap Perekonomian Indonesia

Dampak letusan Gunung Merapi terus meluas. Tak hanya menebarkan debu vulkanik, letusan Merapi juga membuat aktivitas ekonomi di Yogyakarta dan sekitarnya terhenti. Ratusan ribu orang pun harus meninggalkan rumah dan bertahan di pengungsian, seperti terlihat pada Ahad (7/11) petang di sejumlah tempat.

Berdasarkan data Staf Kepresidenan Bidang Bencana, sedikitnya 64 desa di Sleman dan puluhan desa di Magelang serta Klaten porak poranda. Bahkan, desa tersebut dinyatakan tertutup karena berada di zona yang tidak aman. Sebagian desa sudah tertutup debu vulkanik dengan ketebalan hingga satu meter.

Korban tewas pun tak bisa dibilang sedikit, yakni mencapai 144 orang. Puluhan lainnya mengalami luka bakar serius sehingga harus dirawat di sejumlah rumah sakit, baik di Yogyakarta maupun Jawa Tengah.

Tak hanya itu. Hujan debu dari Merapi juga meluas dan membatasi jarak pandang. Lalu lintas, baik darat maupun udara, mulai terganggu. Bahkan, penerbangan dari dan ke Yogyakarta ditutup sementara waktu. Sedangkan Bandar Udara Adi Sumarmo Solo masih berlakukan sistim buka tutup.

Meletusnya Merapi juga memukul industri pariwisata. Jalan Malioboro dan Candi Borobudur diselimuti debu. Bahkan, sejumlah industri kerakyatan berbasis kerajinan rakyat terpaksa meliburkan sementara pekerjanya karena hujan debu. Warga berharap, kondisi ini segera berakhir sehingga mereka bisa menjalankan aktivitas seperti biasa lagi.

Dampak Positif:
o Menambah kesuburan kawasan sekitar merapi, sehingga dapat ditumbuhi banyak pepohonan dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian dalam waktu beberapa tahun kedepan.
o Dapat dijadikan objek wisata bagi wisatawan domestic dan wisatawan mancanegara setelah Gunung Merapi meletus.
o Hasil erupsi (pasir) dapat dijadikan mata pencaharian seperti penambangan pasir dan karya seni dari endapan lava yang telah dingin.
o Aktifitas gunung api dapat menghasilkan geothermal atau panas bumi yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.
o Sisa-sisa aktivitas Gunung Merapi dapat menghasikan bahan-bahan tambang yang berguna dan bernilai tinggi. Seperti belerang, batu pualam dan lain-lain. .
o Membangkitkan industry semen dan industry yang berkaitan dengan insfrastuktur bisa bangkit, termasuk bisa menyerap banyak tenaga ahli untuk memulihkan infrastruktur dan sector lainnya di kawasan terkena musibah.
o Terjadinya disribusi keadilan ekonomi, dengan banyaknya sumbangan dari para dermawan. Dan juga dapat bantuan dari luar negeri atas terjadi bencana-bencana tersebut.

Dampak Negatif dari segi Perekonomian
• Merusak pemukiman warga sekitar bencana.
• Menyebabkan kebakaran hutan, kerusakan daerah sekitar bencana, dan mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat yang tertimpa bencana serta kerugian untuk Negara Indonesia. Karena, dengan begitu devisa Negara akan menurun diakibatkan para wisatawan yang takut unuk datang ke Indonesia karena banyak bencana alam tersebut
• Tanaman (seperti padi, jagung, dan tanaman lainnya) yang ditanam warga sekitar banyak yang mati, dan binatang ternak pun banyak yang mati karena bencana alam tersebut.
• Menyebabkan gagal panen.
• Matinya infrastruktur.
• Terhentinya aktivitas mata pencaharian warga sekitar bencana.
• Pemerintah harus mengeluarkan biaya yang tidak terduga untuk memperbaiki infrastruktur yang telah rusak akibat bencana
• Terhentinya industri pariwisata yang ada didaerah bencana alam tersebut.
• Terhentinya beberapa alat transportasi akibat bencana alam tersebut, seperti bandara, kapal laut, dan masih banyak lagi.
• Terganggu hubungan komunikasi, akibat jaringan listrik terputus dan aktifitas masyarakat lumpuh karena bencana tersebut.

Dampak negatif lainnya:
1. luka bakar dengan berbagai derajat keparahannya.
2. cedera dan penyakit langsung akibat terkena batu, kerikil dan lava.
3. dampak abu gunung berapi yakni risiko gangguan pernafasan akibat berbagai jenis gas seperti S02, H2S, N02 serta debu dalam bentuk cemaran partikulat debu.
4. perburukan penyakit yang sudah lama diderita oleh pasien atau pengungsi. Dan
5. dampak lain seperti kecelakaan lalu lintas akibat jalan berdebu licin.

Sumber:
http://berita.liputan6.com/daerah/201011/305362/Dampak.Letusan.Merapi.Meluas
http://metrotvnews.com/read/newsvideo/2010/11/08/116523/Muntilan-dan-Magelang-Terparah-Dampak-Merapi
http://regional.kompas.com/read/2010/11/05/0946319/5.Ancaman.Akibat.Dahsyatnya.Merapi
http://nasional.tvone.co.id/berita/view/45318/2010/11/05/warga_panik_gemuruh_gunung_merapi_terdengar_hingga_yogyakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters