WELCOME TO RD-PROJECT WEB BLOG's

Senin, 22 Februari 2010

Teknologi, Tahap dan Profesi Pembuatan Game

1. Apa yang dimaksud dengan game teknologi?
Game teknologi adalah perkembangan game dari tingkat kualitas grafik yg rendah 2D sampai tingkat kualitas grafik yang terlihat hampir nyata 3D, yang dulunya warna hitam-putih dan berbunyi monoponik sampai dengan game seperti sekarang yang hampir terlihat nyata dan suara yang attraktif. Tidak hanya dari segi kualitas grafik saja game teknologi juga bisa disebut sebagai perkembangan fitur dari sebuah permainan dari segi apapun misal yang dulunya game hanya bisa dimainkan dengan dua orang saja, sekarang dengan adanya internet kita bisa memainkanya secara bersama-same tanpa batas wilayah dan waktu.

2. Tahap dalam pembuatan game itu apa saja?
> Tentukan genre game
Pilih jenis game yang kalian sukai. Apakah jenis arcade, RPG (role playing game), FPS (first person shooter), SPS (second person shooter), fighting, racing atau RTS (real time strategi).
> Pilih tool yang ingin digunakan
Ini yg paling terpenting, jika kalian adalah seorang programming kalian bisa membuat game dengan menggunakan bahasa pemrograman yang anda kuasai, tapi jika kalian belum menguasai atau tidak mengenal dunia pemrograman kalian juga bisa mencari software untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yg mengunakan bahasa pemrograman dan ada juga software yang tidak menggunakan bahasa pemrograman sama sekali hanya menggunakan mouse untuk mengatur jalanny game, membuat karakter dan komponen lainnya.
> Tentukan gameplay game
Gameplay merupakan system jalannya game tersebut dari mulai tampilan awal game, menu, option, load, save, game over, mission failed, mission success dan lain sebagainya. Sebisa mungkin kalian harus bisa mengatur agar permainan yang kalian buat mudah dipahami, menarik dan juga bisa dinikmati oleh orang lain supaya pemain akan nyaman untuk memainkannya.
> Tentukan grafis yang ingin digunakan
Jenis grafis dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu kartun, semi realis dan realis. Kalian hanya perlu memilih jenis grafis yang anda perlukan yang sesuai dengan kebutuhan game yang kalian buat dan juga sesuai dengan kemampuan kalian. Lalu pilihlah software yang digunakan untuk membuat gambarnya (pilihlah yang menurut kalian paling mudah).
> Tentukan suara yang ingin digunakan
Kalian bisa memilih software untuk membuat atau mengedit suara sesuai dengan kondisi permainannya (pada saat menu, jalannya permainan, start, pause dsb), misalnya saat mission success buatlah suara yang meriah dan bersemangat agar pemain bisa dapat merasakan kegembiraan.
> Perencanaan waktu
Pada tahap ini diperlukan jauh sebelum kalian membuat proses pembuatan game. Jadi pada saat pembuatan game kalian tidak perlu merasa bingung lagi untuk membuat bagian game yang belum dikerjakan atau yang sudah dikerjakan.
> Proses pembuatan
Untuk tahap ini anda tinggal membuat bagian game berdasarkan perencanaan waktu yang telah dibuat sebelumnya. Tidak ada salahnya jika bertanya atau meminta bantuan orang lain untuk mrmpercepat pembuatan game yang anda buat.
> Publishing
Kalian bisa mempublish game anda menjadi exe jika ingin bisa langsung dimainkan atau setup jika game anda ingin bisa diinstal, pada tahap publish ini tergantung dari fasilitas tools yang kalian gunakan.

3. Teknologi apa yang dipakai untuk menghasilkan sebuah game?
Teknologi yang bisa dipakai untuk pengembangan audio dan video adalah flash dan java, dan teknologi untuk membuat karakter atau gambar 3 dimensi atau komponen lainnya bisa menggunakan teknologi 3D animasi.

4. Profesi dalam pembuatan game?

> Game developer
> Animator
> Designer karakter
> Sound maker
> Programmer
> Game analyst

Daftar pustaka:
http://andiwax.wordpress.com/2009/05/04/perkembangan-teknologi-media-digital-dan-game/
http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters