WELCOME TO RD-PROJECT WEB BLOG's

Jumat, 01 April 2011

CLOUD COMPUTING

A. Latar Belakang
What is Cloud Computing ? Itu pertanyaan paling dasar untuk orang awam begitu mendengar istilah cloud computing. Cloud computing memiliki banyak arti, namun jawaban paling simple untuk pertanyaan tersebut datang dari Maggie Fox, CEO SocialMedia Group, “If you need software, it's not cloud computing. If you need hardware, beyond your laptop, it's not cloud computing. So, basically, all of the activity you want to do should take place on the remote server elsewhere and all you should need is internet connection”. Maksudnya ialah pada cloud computing, hal-hal yang biasanya kita taruh pada komputer pribadi kita, seperti data ataupun perangkat lunak, berada pada server di suatu tempat, dan dapat kita akses melalui internet.

Sebuah contoh sederhana dari cloud computing ialah email seperti Yahoo! dan GMAIL. Anda tidak membutuhkan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen akan membutuhkan hanya koneksi internet dan Anda dapat mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak manajemen email adalah semua di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh operator selular awan Yahoo, Google. Konsumen bisa menggunakan perangkat lunak sendirian dan menikmati manfaatnya. Analoginya adalah “Jika Anda hanya perlu susu,apakah Anda akan membeli sapi?”.Semua pengguna atau konsumen butuhkan adalah untuk mendapatkan manfaat menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras dari komputer seperti mengirim email dan sebagainya Hanya untuk mendapatkan manfaat (susu) mengapa harus konsumen membeli (sapi) software / hardware?
Secara umum, layanan pada cloud computing dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu aplikasi/perangkat lunak, platform, dan infrastruktur (Software as a Service, Platform as a Service, dan Infrastructure as a Service).
>>>Software as a Service (SaaS)
Pada software as a service, aplikasi atau perangkat lunak yang kita gunakan tersedia di internet. Mengapa lebih sederhana bila kita melanggan perangkat lunak, dibandingkan dengan membelinya? Karena, masalah maintenance dan support telah diurus oleh cloud provider, dan kita tinggal menggunakannya. SaaS dapat menjadi pedang bermata dua apabila kita sering menggunakan perangkat lunak tertentu. Bisa-bisa, biaya yang kita keluarkan apabila menggunakan perangkat lunak tersebut pada cloud lebih tinggi daripada apabila kita mempunyai perangkat lunak tersebut di komputer kita.

Perusahaan-perusahaan di bawah ini sudah ditetapkan dalam perangkat lunak siap pakai atau bisnis SaaS. Perusahaan-perusahaan ini dikenakan biaya pelanggan dan biaya berlangganan dalam software return host pada server pusat yang diakses oleh Client melalui internet.
* Salesforce.com (CRM)
* Google (GOOG)
* NetSuite (N)
* Cordys
* Taleo (TLEO)
* Concur Technologies (CNQR)

Berikut ini perusahaan telah membentuk diri sebagai perangkat lunak berbasis lisensi. Perusahaan-perusahaan ini menjual lisensi kepada pengguna mereka, yang kemudian menjalankan perangkat lunak dari pada premis servers.
* SAP AG (SAP)
* Oracle (ORCL)
* Blackbaud (BLKB)
* Lawson Software (LWSN)
* Blackboard (BBBB)

>>>Platform as a Service (PaaS)
Pada lapis platform, kita dapat men-deploy aplikasi yang kita buat di cloud. Maksudnya, kita dapat membuat aplikasi, dan aplikasi tersebut kita host di cloud provider. Bisa juga, kita tidak perlu menginstall perangkat lunak untuk membuat aplikasi, namun kita juga dapat mendesain aplikasi, membangun, men-deploy, dan meng-host aplikasi kita di internet. PaaS juga dikenal dengan Cloudware.

Perusahaan-perusahaan berikut adalah beberapa yang telah mengembangkan platform yang memungkinkan Client untuk mengakses aplikasi dari server terpusat menggunakan internet. Di sebelah masing-masing perusahaan adalah nama platform mereka.
* Google (GOOG) – Apps Engine
* Amazon.com (AMZN) – EC2
* Microsoft (MSFT) – Windows Azure
* SAVVIS (SVVS) – Symphony VPDC
* Terremark Worldwide (TMRK) – The Enterprise Cloud
* Salesforce.com (CRM) – Force.com
* NetSuite (N) – Suiteflex
* Rackspace Cloud – cloudservers, cloudsites, cloudfiles
* Metrisoft – Metrisoft SaaS Platform
* SUN Oracle direct link
* Cordys Process Factory – The Enterprise Cloud Platform

>>>Infrastructure as a Service (IaaS)
Pada lapis infrastruktur ini, seakan-akan kita mempunyai perangkat keras dan segala isinya pada remoteserver , termasuk perangkat lunak di dalamnya. Maka dari itu, sinonim dari layer ini adalah Everything as a Service. Sinonim lainnya adalah Hardware as a Service. Secara sederhana, kita “menyewa” infrastruktur atau hardware provider cloud computing, seperti server space, network equipment, memori, CPU cycle, dan storage space.

Di bawah ini adalah perusahaan yang menyediakan jasa infrastruktur:
* Google (GOOG) – Managed hosting, development environment
* International Business Machines (IBM) – Managed hosting
* SAVVIS (SVVS) – Managed hosting & cloud computing
* Terremark Worldwide (TMRK) – Managed hosting
* Amazon.com (AMZN) – Cloud storage
* Rackspace Hosting (rax) – Managed hosting & cloud computing

B. DEFINISI
dibawah ini ada beberapa definisi Cloud Computing yang dapat membantu kita untuk mengenal apa itu Cloud Computing:
A. Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatanteknologi komputer('komputasi') dan pengembangan berbasisInternet ('awan'). Awan(cloud) adalah metefora dari internet,sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Internet Cloud adalah suatu model komputasi di mana kapabilitas terkaitteknologiinformasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnyalewat Internet.
B.Cloud Computing adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS ( software as a service), Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhankomputasi pengguna.
C.Cloud computing adalah istilah untuk kegiatan menyelesaikan suatu proses atauperhitungan melalui internet dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung di suatu tempat.
D.Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yangjauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi.
E.Cloud Computing secara sederhana dapat didefinisikan adalah "layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet". Kata-kata "Cloud" sendiri merujuk kepada simbol awan yang di dunia TI digunakan untuk menggambarkan jaringan internet (internet cloud)
F.Cloud Computing bisa diartikan sebagai suatu model yang memungkinkan jaringandapat diakses dengan mudah sesuai kebutuhan di berbagai lokasi.dimana model inimemungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya komputasi seperti network, server,storage, aplikasi dan services dalam satu wadah.

C. Komponen Cloud Computing
1. Cloud clients adalah seperangkat komputer ataupun software yang didesain secara khusus untuk penggunaan layanan berbasis cloud computing.
>>Mobile --> windows mobile, symbian, dan lain-lain
>>Thin client --> windows terminal service, CherryPal, dll
>> Thick client --> internet explorer, firefox, chrome, dll

2. Cloud service adalah produk, layanan dan solusi yang dipakai dan disampaikan secara real-time melalui media internet. contoh yang paling popular adalah web service.
>>identitas --> OpenID, OAuth, dll
>>Integration --> Amazon simple queue service
>>Payments --> Paypal, Google checkout
>>Mapping --> Google maps, yahoo!Map

3. Cloud Application memanfaatkan cloud computing dalam hal arsitektur software. sehingga user tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan komputer
>>peer-to-peer --> BitTorrent, SETI, dll
>>Web Application --> Facebook
>>SaaS --> Google App, SalesForce.com, dll

4. Cloud Platform: ,erupakan layanan berupa platform komputasi yang berisi hardware dan software-software infrastruktur. Biasanya mempunyai aplikasi bisnis tertentu dan menggunakan layanan PaaS sebagai infrastruktur aplikasi bisnisnya. contoh:
>> Web application framework --> Python Django, Rubyon Rails, .Net
>>Web Hosting
>>Propietary --> Force.com

5. Cloud Storage melibatkan proses penyampaian penyimpanan data sebagai sebuah layanan. Misal:
>> Database --> Google Big Table, Amazon SimpleDB.
>>Nettwork Attached Storage --> Nirvanix CloudNAS, MobileMe iDisk.

6. Cloud Infrastruktur merupakan penyampaina infrastruktur komputasi sebagai sebuah layanan. Contohnya:
>>Grid Computing --> Sun Grid
>>Full Virtualization --> GoGrid, Skytap
>>Compute --> Amazzon Elastic Compute Cloud

D. Mekanisme Akses Cloud Computing
Mekanisme akses ke cloud computing "mungkin" dapat dijalankan secara beraneka ragam - mulai dari akses standar LAN maupun intranet dengan sedikit aplikasi agen atau klien, sampai kepada akses extranet dan internet melalui browser yang terhubung ke sebuah portal aplikasi dari penyedia layanan cloud computing. Protokol aplikasi yang digunakan pun dapat beragam, tetapi hal ini tidaklah terlalu signifikan bila dilihat dari sisi pengguna akhir (baca : transparan), dimana pengguna akhir cukup mengetahui bagaimana cara mengakses dan mempergunakan jasa layanan yang terdapat pada Cloud computing.

E. Keuntungan Dari Perkembangan Cloud Computing
1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
2. Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat
3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena sistem pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah
4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping
5. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan releability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun

E. Kesimpulan
Kesimpulannya, dengan cloud computing konsumen membebaskan diri dari tanggung jawab untuk mengelola stack sumber daya komputasi.

Levelnya mulai dari SaaS ketika kita benar-benar bebas, PaaS ketika kita masih harus membuat aplikasi, dan IaaS di mana kita juga masih harus sibuk dengan Operating System.

Ini berbeda dengan On-Premise di mana kita harus mengurus semua sendiri.

Daftar Pustaka
http://deris.unsri.ac.id/materi/jarkom/mengenal_cloudcomputing.pdf
http://www.scribd.com/doc/45899074/Book-of-Cloud-Computing
http://rezky-stuff.blogspot.com/2011/02/cloud-computing.html
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Cloud_Computing
http://sofy.web.id/mjk200901/presentasi/Cloud%20Computing.ppt
http://www.infokomputer.com/umum/memahami-cloud-computing-bagian-2/halaman-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters